translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 17 Juni 2013

Berat, beban siswa Indonesia



Assalamu’alaikum kali ini azwaryoga mau ngasih trik-trik azwaryoga waktu masih aktif sekolah buat ngurangin beban tas ransel yang sering dibawa sama anak sekolah sekarang yang kadang beban muatannya over kapasiti. monggoo


Dengan 4-6 pelajaran setiap harinya pastinya seluruh siswa Indonesia benar-benar terbebani oleh tas ranselnya sendiri yang berisi sekitar 12 buku jika dalam 1 pelajaran membutuhkan 3 buku termasuk buku paket yang beratnya naudzubillah :D. Belum lagi jika ditambah satu laptop/netbooknya plus chargernya menyerah  .Belum lagi kalo sampai sekolah telat terus kena maraah aduuh kasiaaan banget kan hidupnya, ditambah juga dengan tugas tugas yang numpuk, kayanya siswa akan sedikit sekali mendapat dampak positif dari kegiatan sehari harinya ini.

Saya juga sering merasakan hal yang sama waktu azwaryoga SD-SMP tapi itu gak terulang lagi di SMK bukannya karena bawaan anak SMK itu lebih sedikit, malah anak SMK juga harus membawa baju baju praktek yang gak kalah berat sama karungnya sinterklas, tapi karena saya mengakalinya dengan menggabung satu pelajaran yang butuh 2 atau lebih buku tulis seperti buku catatan dan tugas dengan satu buku tulis, dan mencatat menjadi satu block note beberapa pelajaran yang gak terlalu sering nyatet, selain itu saya juga sering mencatat di buku LKS.

Cara yang saya lakukan diatas memang terlihat malah membuat kesulitan dalam belajar dan terlihat kurang rapi, tapi saya belajar dengan metode diatas dan saya sekarang sudah lulus dengan nilai yang baik menurut saya. Kalau masalah rapi sih emang agak kurang dan terkesan acakadul tapi jujur saya lebih baik belajar pake catatan simple yang acakadul daripada pake catatan yang panjang walaupun dicatat dengan rapi.

ini foto block note yang saya pake waktu masih aktif sekolah dulu belajar





diatas tadi BUKAN saran azwaryoga buat kamu kamu yang masih sekolah tapi itu cuma sekedar berbagi saja tentang pengalaman azwaryoga yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan kritik & saranmu dengan kata kata yang sopan. karena perkataan seseorang mencerminkan perilakunya juga :)